24.6.11

Ukurlah Lingkar Kepala Anak Anda

Saya pernah mengantarkan anak saya ke di dokter anak yang berbeda saat anak saya mengalami gangguan  kesehatan. Dari beberapa pemeriksaan yang di lakukan, ada hal yang menarik perhatian saya yakni pengukuran lingkar kepala anak.  Apakah pengukuran di lakukan untuk mengetahui kelainan anak, seperti adanya pembesaran kepala di luar kewajaran ( tumor ). Setelah saya baca tabloid kesehatan ternyata pengukuran lingkar kepala anak sangatlah penting, karena menyangkut pertumbuhan otak. Namun tidak semua dokter anak melakukannya. Oleh sebab itu bagi yang mempunyai bayi, atau akan mempunyai bayi, ada baiknya jika membaca artikel ini.
Pembesaran kepala merupakan salah satu cirri tumbuh kembangnya anak. Tumbuh berarti adanya penambahan ukuran secara fisik, baik itu berat badan, tinggi badan maupun lingkar kepala. Jadi tiap bulannya harus ada pertumbuhan yang di capai termasuk lingkar kepala. Dan jika dalam dua bulan tidak ada pertambahan ukuran kepala, berarti ada masalah.
Dan perkembangan itu sendiri berarti adanya kemajuan dalam fungsi kemampuan individu, seperti merangkak, mengoceh dan lain lain.  Tumbuh dan kembang anak itu terpusat pada otak.
Pertumbuhan dan perkembangan otak itu di mulai pada masa trisemester  III masa kehamilan ibu sampai  bayi tu berusia tiga tahun.
Pada usia tiga tahun pertama  bayi merupakan masa terpenting dalam pertumbuhan otak.  Karena masa ini otak akan berkembang dengan pesat.  Oleh karena itu sangatlah di anjurkan si bayi mendapat asupan nutrisi  yang tepat.  ASI merupakan nutrisi yang sempurna bagi bayi.
Salah satu contoh kandungan ASI adalah DHA dan AA.  Kandungan ini sangat di butuhkan untuk tumbuh kembang otak dan retina mata yang sedang berkembang pesat.  Taurin juga di perlukan, jika kekurangan maka akan mengalami perkembangan mental yang kurang baik. Nutrisi yang tak kalah pentingnya dalam kandungan ASI adalah besi, kolin dan zinc.
Zat besi di butuhkan sirkulasi oksigen dan replica DNA. Jika asupan zat besi ini kurang akan berpengaruh pada mental serta motorik menjadi lamban.
Zat kolin di perlukan untuk proses pembelajaran dan ingatan anak. Serta zinc sendiri untuk perkembangan system syaraf pusat anak.
Selain nutrisi yang tepat, stimulasi juga sangat di perlukan untuk membantu mempercepat tumbuh kembang otak anak. Bersambung….( stimulasi pada anak )


Daftar Pustaka: Tabloid " Sehat " edisi 13-19 Mei 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar