27.6.11

Perawatan tulang

Selain sebagai kerangka tubuh, tulang juga melindungi organ bagian dalam tubuh. Karena begitu pentingnya  fungsi  tulang  bagi tubuh kita, maka kita harus merawat  tulang dengan sebaik baiknya.
Oleh sebab itu, kita harus tahu cara merawat dengan benar dan menghindari kerusakan tulang lebih dini. Memang  tulang dan semua organ tubuh kita akan mengalami penurunan fungsi  saat kita tua nanti. Namun kita bisa mencegah atau memperlambat proses penurunan fungsi tersebut  dengan cara merawat dan menghindari pemicu kerusakan pada tulang dan anggota tubuh kita.
Pembentukan massa tulang terjadi dalam tiga decade. Jadi pembentukan massa tulang ini mengalami puncaknya pada usia tiga puluh tahunan. Di atas usia tiga puluh tahun masih terjadi pembentukan massa tulang baru namun tidak seimbang dengan massa tulang yang rusak atau massa tulang yang harus diganti. Jika sebelum usia tiga puluh tahun kita banyak menghimpun massa tulang maka semakin kecil peluang untuk  mengalami osteoporosi atau pengeroposan tulang. 

Wanita yang sudah memasuki masa menopause akan lebih cepat mengalami osteoporosis. Di karenakan berkurangnya produksi hormone estrogen. Dan laki laki yang produksi hormone testosteronnya rendah juga rentan mengalami osteoporosis.
Hal hal berikut ini perlu di perhatikan dalam hal perawatan tulang kita.
1.    Olah raga.
Seperti  halnya otot, jika kita melatihnya secara rutin maka otot kita bisa bertambah besar dan kuat. Demikian juga dengan tulang kita. Olah raga yang baik untuk tulang kita itu yang berhubungan dengan beban. Jadi kita harus beraktivitas melawan gravitasi. Contoh dari olah raga ini adalah angkat berat atau fitness,  jalan,  lari, panjat  tebing, bela diri dan lain lain. Ade Rai seorang Atlet binaraga internasional  dari Indonesia  berkata bahwa fitness merupakan olah raga yang bagus dalam pembentukan massa tulang dan menghindarkan kita dari osteoporosis.  Ada olah raga yang kurang efektif dalam pembentukan massa tulang. Contohnya adalah bersepeda  dan renang itu sangat bagus untuk kesehatan jantung  dan memperkuat otot kita namun kurang efektif dalam pembentukan massa tulang.  Namun untuk usia empat puluh tahu  Mei ke atas sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter tentang olah raga apa yang cocok dengan kondisi  orang yang bersangkutan.
2.    Konsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium.
Contoh makanan yang banyak mengandung kalsium adalah susu, kacang almon, kedelai, sarden dan brokoli.
3.    Konsumsi vitamin D.
Contoh makanan yang mengandung vitamin D adalah ikan tuna, sarden, putih telur, dan susu.
4.    Hindari merokok dan minuman beralkohol secara berlebihan.

Daftar pustaka:
1.   Website: http://www.bones.nih.gov
 (NIH Osteoporosis and Related Bone Diseases ~ National Resource Center )
2.  Tabloid : Sehat, edisi 13-19 mei 2011

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar