1.1.12

Taman Ujung Sukasada, Karang Asem-Bali



Taman Ujung Sukasada.

Kala mentari terbangun dari tidurnya…
Perlahan beranjak dari tilam mega
Dan sibakkan tirai cakrawala

Terbentang indah tuk di pandang
Terapung di atas kolamlah istana
Terdiam dalam sunyi di ujung daratan

Sang saksi peristiwa
Sang saksi masa
Taman ujung Sukasada Karang Asem
                                 Oleh: Ben Adem



Di kenal dengan nama taman ujung sukasada, yang merupakan istana air  masa lalu milik raja terakhir karang asem (  I Gusti Bagus Jelantik ) yang di bangun pada tahun 1919. Terletak pada pesisir pantai  kabupaten karang asem. Di kelilingi tembok warna putih. Gaya bangunan di pengaruhi oleh nuansa Bali, Belanda, dan Cina. Hal ini bisa di lihat  dari pos jaga, jembatan menuju istana dan istana itu sendiri bergaya kolonial. Namun mempunyai ornamen dan relief bergaya Bali. Istana itu sendiri  berada di areal kolam air yang besar, seperti kita jumpai  pada istana di dalam film-film  silat Cina. Induk dari bangunan istana itu terdiri dari beberapa kamar. Yakni kamar tidur raja, kamar anank-anak raja, kamar tempat  pertemuan dengan tamu raja dan beranda.
Setiap kamar mempunyai jendela yang dari dalam kita bisa melihat areal kolam air yang mengelilingi istana itu sendiri. Selain itu, tiap ruangan di hiasi foto foto keluarga raja terakhir Karang Asem, jadi anda bisa membayangkan seperti apa dan gimana keadaan waktu itu. Namun di sayangkan istana ini  hampir di hancurkan oleh letusan gunung agung di tahun 1963. dan bertambah rusak setelah ada gempa bumi pada tahun1979. di renovasi pada tahun 2004. Pemandangan yang indah akan semakin sempurna saat kita berada di bangunan tua yang berada di puncak anak tangga. Dari sana terlihat lokasi istana yang berdekatan dengan lautan lepas di lihat dari atas.

anak buahku: Septi, Ike, Dewi, Erna
Sekarang, istana ini menjadi salah satu obyek wisata kabupaten Karang Asem. Selain untuk berwisata, tempat ini sering di gunakan untuk foto pra wedding. Jadi tidaklah mengherankan jika di jadikan pengambilan foto pra wedding karena semua bangunan yang ada nampak klasik, tinggal di edit sedikit saja maka sempurnahlah foto calon mempelai. Dengan melihat beberapa gambar yang saya tampilkan, tidakkah anda tertarik juga untuk mengabadikan momen indah di sana???...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar