9.1.12

Taman Tirta Gangga, Karang Asem-Bali

Istana air ini berbeda dengan istana air taman Ujung. Kalau istana air di taman Ujung berada di ujung pulau atau tepatnya di pesisir pantai, sedang istana air tirta gangga berada di daerah pegunungan. Tak heran jika udaranya sejuk jadi betah untuk berlama-lama tinggal dan menikmati indahnya istana air ini. Istana air ini juga di bangun oleh raja Karang Asem yang sama, yakni Raja Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem pada tahun 1948. Taman Tirta Gangga ini terletak di desa Ababi, kecamatan Abang, kabupaten Karang Asem. Berjarak kurang lebih 5 Km dari kota Amlapura( ibukota Kabupaten Karang Asem ).

Di dalam taman ini, total ada 4 kolam besar. Setelah pintu masuk kita jumpai dua kolam besar kiri dan kanan. Di sebelah kanan terdapat kolam yang banyak di hiasi patung-patung, selain itu pengunjung dapat berjalan di tengah kolam melalui pijakan pijakan yang terbuat dari beton. Patung patung tersebut terbagi menjadi 2 bagian. sisi kiri menghadap ke kanan, sedang sisi kanan menghadap kiri. Hal ini melambangkan kebaikan yang berhadapan dengan kejahatan ( Pandawa dan Kurawa ). Demikian juga dengan ikan ikan besar di dalam kolam, Terdiri dari ikan ikan berwarna kuning/emas dan hitam. Hal ini juga melambangkan baik dan buruk, sedang kolam itu sendiri bermakna dunia. Jadi di dalam dunia ini ada dua kekuatan, yakni kebaikan dan kejahatan. Sedang kolam yang berada di sisi kiri tidak terdapat patung patung, hanya berisi ikan ikan saja.

Dan bila kita terus berjalan maka di sebelah kanan terdapat 2 kolam untuk berenang. Kolam yang berada di ujung agak masuk ke kanan cukup dalam makanya sangat jarang orang berenang di situ. Namun untuk kolam pemandian yang satunya di hari hari tertentu sangat ramai di kunjungi. Menurut informasi penduduk setempat, kolam yang dalam itu ada penunggunya yaitu seekor naga gaib ( benar tidaknya ku juga kurang tahu ).
Di dalam taman ini terdapat terdapat sumber mata air yang selain untuk pemandian juga di gunakan sebagai sarana ritual umat Hindu dan sebagai sumber air bersih bagi masyarakat setempat. Sangat di anjurkan untuk anda kunjungi jika anda kebetulan berada di kabupaten Karang Asem-Bali. Karena taman ini merupakan obyek wisata andalan dari kabupaten Karang Asem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar