9.7.11

Air Panas Banjar, Singaraja

Kali ini saya berkunjung ke Sumber mata air panas Banjar. Air dari Sumber mata air ini di percaya bisa menyembuhkan penyakit kulit karena di dalamnya mengandung belerang. Yang membedakan pemandian air panas ini dengan pemandian air panas lain adalah airnya yang berwarna kehijauan , mungkin di karenakan bayaknya lumut di dasar kolam jadi airnya seolah olah berwarna hijau. Pemandian ini di bagi menjadi tiga kolam bertingkat untuk berendam. 
Dulu  Pemerintah Jepang yang membangun dan memanfaatkan sumber mata air Banjar  saat menduduki Negara ini. Dan sampai sekarang masih di manfaatkan oleh warga dan para wisatawan lokal dan asing untuk berendam dan berenang. Di hari hari libur  pemandian ini di padati oleh para pengunjung, terutama pengunjung lokal. Kebetulan saat  saya berkunjung adalah hari minggu . Nampak juga sejumlah  Wisatawan asing menikmati hangatnya air di pemandian Banjar ini. Untuk kolam yang paling kecil memiliki tiga pancuran setinggi sekitar  3,5 meter. Saat kita berada tepat di bawah pancuran, kita akan merasa badan kita serasa di pijat oleh siraman air ini, menyenangkan sekali… jika kita merasa air di pemandian ini kurang panas, kita bisa merasakan air yang lebih panas dengan menyewa  pemandian di bagian atas yang terpisah dari tiga kolam yang ada. Untuk mendapatkan fasilitas ini kita di kenakan tarif Rp. 10.000,- untuk 1 jamnya. 
Budi : SPB Bantex/rekan penulis ( kiri )
Di areal pemandian Banjar  ini terdapat rumah makan dan warung mini di bawahnya. Jadi setelah mandi, alangkah enaknya kita menikmati makanan yang hangat, seperti mi instan gelas yang tinggal seduh, sambil melihat ke bawah orang orang yang sedang mandi. Seperti tempat wisata lain, di pemandian ini kita bisa jumpai pedagang baju baju kas Bali. Para pedagang ini berada di dekat pintu masuk pemandian. Untuk ticket ke pemandian ini, perorang di kenakan biaya Rp. 5.000,- cukup murah. Pemadian Banjar ini terletak di desa Banjar kabupaten Buleleng, sekitar 24 kilometer dari kota Singaraja. Bila para blogger edang berkunjung ke pantai Lovina atau air terjun Sing Sing, tidak ada salahnya mampir ke pemandian hangat ini. Ok, sekian info wisata kali ini. Chaooo…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar